Short Key Khusus di Windows 10

Seperti sistem opersi sebelum windows 10 sudah ada short key untuk memudahkan operator saat bekerja maupun bermain game di perangkat mereka. Seperti short key yang sering digunakan ctrl + c untuk menyalin , ctrl + x untuk memindahkan, dan ctrl + v untuk menempel suatu file atau text. Sistem operasi di Windows 10 ini menambahkan short key khusus tambahan untuk para gamer khususnya game-game dari xbox maupun microsoft. Short key tersebut bisa dilihat pada menu setting kemudian pilih gaming. Bisa dilihat pada gambar berikut.

Setelah itu pilih sub menu game bar untuk melihat short key apa sajakah yang dapat digunakan. Berikut hasil tangkap layarnya:



Short key di atas akan bisa digunakan setelah login ke aplikasi xbox menggunakan akun microsoft. Tetapi ada beberapa short key di atas yang tidak perlu login ke aplikasi xbox, sebagia conoh short key berikut:
  1. Win + G menampilkan jendela saat membuka aplikasi atau game yang yang ukuran layarnya full screen.
  2. Win + Alt + PrtScrn mengambil tangkap layar dari sebuah aplikasi atau game yang sedang aktif digunakan.
  3. Win + Alt + R mengambil video tangkap layar dari sebuah aplikasi atau game yang sedang aktif digunakan.
Hasil tangkap layar ataupun video tangkap layar dari short key di atas biasanya akan tersimpan otomatis di My Computer > Video > Capture  atau bisa dirubah melalui sub menu Game DVR pada setting gaming tersebut. 

Semoga Bermanfaat

Silahkan kunjungi postingan tentang komputer lainnya.


Komentar